Materi Harmonisasi Keluarga6

Ketua fkh kota depok saat berinteraksi dengan peserta Pembangunan karakter aparatur, melalui pembinaan sinergitas pegawai, Darmawan Park, Sentul, Rabu (08/11/2017). (Foto : Bima/Diskominfo)


depok.go.id – Ketua Forum Keluarga Harmonis (FKH) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, dalam menjaga harmonisasi keluarga setidaknya ada 5 bahasa cinta yang bisa diterapkan di rumah. Dengan lima bahasa cinta itu, akan tercipta ketahanan keluarga sebagaimana yang menjadi program unggulan Kota Depok.

Kelima bahasa cinta itu yakni pertama word of affirmation melalui kata-kata ajaib seperti, maaf, tolong, dan terima kasih. Kedua, physical touch atau sentuhan fisik.

“Sentuhan atau pelukan erat suami dan istri sebelum berangkat kerja selama 15-20 detik dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigen, sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar,” jelas Elly Farida, dalam sebuah acara di Darmawan Park, Sentul, Rabu (08/11/2017).

Selanjutnya, untuk yang ketiga yaitu receiving gifts atau hadiah sebagai tanda kasih sayang. Hal ini akan mendorong seseorang untuk berprestasi, akan mendidik seseorang untuk selalu menepati janji, serta akan terhindar dari sifat iri dan dengki. Keempat, lanjutnya, adalah act of service atau bukti cinta pelayanan prima.

“Tak kalah pentingnya yaitu perhatikan quality time. Kerjakan sesuatu di waktu spesial yang dirindukan bersama-sama. Seperti menonton tv, diskusi, salat berjemaah, tilawah, zikir, masak, maupun olahraga bersama keluarga,” katanya.

Selain itu, dirinya mengingatkan untuk selalu menjaga komunikasi di antara pasangan suami istri. Karena dari komunikasi ini akan tercipta suasana keluarga yang harmonis.

“Dari komunikasi dapat menunjang kinerja suami,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :