sinergitas 3 pilar

Kecamatan Sukmajaya menggelar sosialisasi sinergitas tiga pilar di aula kelurahan abadijaya. (foto istimewa)

depok.go.id – Kecamatan Sukmajaya menyadari betul pentingnya membangun sinergitas bersama tiga pilar, baik itu unsur pemerintah, TNI, dan Polri. Sinergitas itu bukan hanya terkait persoalan keamanan, tetapi juga dalam hal menjaga kebersihan demi terciptanya lingkungan yang bersih, aman dan kondusif.

Camat Sukmajaya, Taufan Abdul Fatah mengatakan, selama ini masyarakat masih belum sepenuhnya memahami kaitan antara tiga pilar dengan kebersihan lingkungan. Pasalnya, yang terbayang, hal tersebut sepenuhnya menjadi tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).

“Padahal, menjaga kebersihan adalah tugas kita semua, tidak terkecuali dengan Babinsa atau Babin Kamtibmas,” kata Taufan di Kantor Kecamatan Sukmajaya, Rabu (08/11/2017).

Taufan menambahkan, permasalahan seputar kebersihan dapat berimbas pada masalah keamanan juga. Konflik antarmasyarakat kerap dipicu oleh warga yang tidak taat aturan dalam membuang sampah. Di sinilah, imbuhnya, pentingnya peningkatan peranan tiga pilar, yang berfungsi menjadi pihak penengah.

Dengan melibatkan tiga pilar, konflik keamanan lingkungan diyakini Taufan, bisa diminimalisir. Dikarenakan, jaringan kemasyarakatan tiga pilar sangat kuat dan menyentuh hingga level RT/RW.

“Apabila komunikasi dengan unsur tiga pilar ini tidak berjalan baik, maka akan sulit untuk melakukan sinergitas di program-program lainnya,” tutupnya.

Penulis : Pipin Nurullah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :