taufandepok.go.id – Menjadi suatu keharusan dan tanggung jawab bersama dalam menyukseskan sebuah kegiatan, begitupun pada pagelaran akbar 5 tahunan yang diselenggarakan besok, yakni pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak besok. Tingkat partisipasi masyarakat dapat menjadi tolak ukur sukses tidaknya Pilkada ini.

“Kita dapat melihat suksesnya penyelenggaraan Pilkada dari tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada, semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, semakin legitimate pelaksanaan Pilkada,” ungkap Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Taufan Abdul Fatah.

Menurut Taufan, bentuk meningkatnya partisipasi dan kesadaran politik di masyarakat ini tentu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas penyelenggaraan Pilkada itu sendiri dengan saling bahu-membahu dan dibutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat, sehingga, kualitas dan proses penyelenggaraan Pilkada di Kota Depok dapat berjalan dengan nyaman, tenang, kondusif, dan demokratis dapat tercapai.

“Harapan saya, pada Pilkada 2015 ini akan semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat Depok dalam mencoblos Paslon yang ada, tetapi dengan tetap menjaga kondusifitas wilayah masing-masing,” pungkas Taufan.

Taufan menerangkan, meskipun sistem kampanye untuk tahun ini agak sedikit berbeda dari Pilkada yang sebelum-sebelumnya, di mana para Paslon lebih banyak melakukan kampanye door to door kepada para calon pemilih. Dirinya tetap berharap dengan sistem yang seperti itu dapat lebih memudahkan warga Depok untuk mengetahui calon yang akan dipilihnya dan tingkat partisipasi akan tinggi. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :