gTren memelihara hewan peliharaan ikut berpengaruh dengan makin banyaknya tempat praktik dokter hewan di Kota Depok. Agar keberadaan dokter hewan makin jelas, Pemkot Depok akan membuat regulasi berupa Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait jasa pelayanan kesehatan hewan sehingga ada payung hukum yang mengikat dalam praktik dokter hewan tersebut.

“Secara aturan untuk buka praktik harus punya surat izin praktik. Aturan yang memayungi belum ada. Insya Allah baru akan kita ajukan nanti 2018 dengan buat draft untuk bisa ditindaklanjuti,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Dede Zuraida, di ruang kerjanya, Jumat (08/12/17).

Selain membuat aturan secara khusus, pihaknya juga akan memperkuat sinergi dengan dokter hewan yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dalam setiap kegiatan.

“Secara profesi, kita akan minta kerja sama dengan mereka yang bekerja di sektor swasta untuk bisa bantu kita dalam setiap kegiatan. Kerja sama nantinya bisa diawali dengan MoU melalui PDHI. Namun karena kami baru satu kali melakukan pertemuan, jadi ini masih dalam rencana,” kata Dede.

Beberapa sinergi yang dapat terjalin, jelas Dede, antara lain pemeriksaan hewan kurban beberapa waktu lalu, antisipasi wabah flu burung dan penanggulangan penyakit rabies.

“Dokter hewan juga perlu peningkatan kompetensi keprofesian, mungkin nanti bisa kita adakan seminar penyakit pada hewan. Ini juga berguna untuk meningkatkan kompetensi kita yang bekerja pada pemerintahan,” terangnya.

Penulis: Vidyanita/Diskominfo

Editor: Dunih

Bagikan post melalui :