Pemkot Depok hari ini, Senin (09/02/2014) mulai melakukan perekaman dan pencetakan KTP Elektronik sendiri tanpa menunggu dari pusat. Proses perekaman dan pencetakan dilakukan langsung di tingkat kelurahan sehingga tidak memerlukan waktu lama bagi pemohon E-KTP untuk mendapatkannya.

“Bagi penduduk yang sudah merekam namun belum menerima E-KTP atau penduduk yang baru akan merekam dan mencetak saat ini bisa langsung dilakukan di Kelurahan,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Misbahul Munir.

Mantan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Seni dan Budaya (Disporaparsenbud) ini mengatakan, untuk saat ini pencetakan EKTP ini dapat dilaksanakan di 14 kelurahan. Kelurahan yang sudah siap melaksanakannya adalah Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya, Kelurahan Depok Kecamatan Pancoran Mas, Kelurahan Pondok Petir Kecamatan Bojongsari, Kelurahan Sawangan Kecamatan Sawangan.

Selanjutnya Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere, Kelurahan Limo Kecamatan Limo, Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis, Kelurahan Sukamaju Baru Kecamatan Tapos, Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong, Kelurahan Cipayung Jaya Kecamatan Cipayung, Kelurahan Beji Kecamatan Beji, Kelurahan Pancoranmas Kecamatan Pancoran Mas, Kelurahan Pondok Cina Kecamatan Beji, dan Kelurahan Mekarsari Kecamatan Cimanggis.

Munir menambahkan bahwa ada 1.496.944 warga Depok yang sudah melakukan perekaman E-KTP, dari jumlah tersebut  E-KTP yang udah tercetak per 31 Desember 2014 baru sebanyak 988.000 E-KTP. Maka masih ada 508.944 orang yang belum memiliki E-KTP dan diharapkan dengan proses pencetakan yang saat ini dapat secara langsung dilakukan di Kelurahan, pemilik E-KTP dapat cepat bertambah.

“Sebenarnya sudah lama kami siap mencetak E-KTP sendiri karena peralatan sudah ada, namun saat itu blanko belum dikirim oleh Kemendagri. Saat ini blanko sudah ada, jadi kami siap mencetak sendiri,” ujar Munir. (Rysko/Diskominfo)

Bagikan post melalui :