Pemeriksaan Kesehatan Lansia di Posbindu

Perawat UPT Puskesmas Sawangan, Iin Inayah memberikan penyuluhan kesehatan lansia di Posbindu Mawar RW. 06 Kelurahan Sawangan Baru, Selasa, (9/2/2016). (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id-Bagi yang sudah masuk masa Lanjut Usia (Lansia) ada baiknya mengenal dan mengetahui berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM) yang rentan diderita. Selain mengetahui, para Lansia diharapkan dapat mencegah PTM, sehingga bisa melalui usia senja dengan keadaan sehat, mandiri, dan tetap tangguh.

Demikian dikatakan perawat UPT Puskesmas Sawangan, Iin Inayah, saat memberikan penyuluhan kesehatan lansia pada aktivitas Posbindu  Mawar RW. 06 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Depok. Iin mengungkapkan bahwa PTM umumnya disebabkan faktor keturunan dan kebiasaan.

“Seperti kebiasaan merokok sejak umur 19 tahun, tentu setelah bertahun-tahun akan menimbulkan penyakit , maupun yang tidak terbiasa dengan olahraga akan rentan terserang penyakit” kata Iin, Selasa (09/02/2016).

PTM, disebutkan Iin, seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker, penyakit paru obstruktif kronis, penyakit degenaratif kronis, hipertensi, ataupun rematik.

Dalam setiap aktivitas Posbindu, biasanya Iin melakukan pembinaan, konseling, dan memberikan pengobatan sederhana. Karena menurutnya PTM yang diderita para Lansia ini dapat ditanggulangi bila dilakukan pemeriksaan kesehatan secara dini dan berlanjut.

“Posbindu ini sebulan sekali melakukan pemeriksaaan kesehatan untuk para Lansia agar senantiasa termonitor status kesehatannya,” tambahnya.

Dirinya berharap dengan adanya Posbindu ini dapat menekan dan mengendalikan PTM  yang menjadi penyebab kematian. (Nurul/Ed:Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :