PMI bencana

Perwakilan PMI Depok secara simbolis menyerahkan bantuan kepada warga korban bencana alam, beberapa waktu lalu. (Foto: Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Lurah Cinere, Pupung Purwawijaya, mengapresiasi bantuan perbaikan atap rumah warga RT 03, RW 02 yang diberikan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok. Bantuan tersebut diberikan kepada warga yang atap rumahnya runtuh, akibat angin kencang yang disertai hujan lebat.
“Kami sebagai perwakilan dari aparatur pemerintah berterimakasih atas bantuan yang diberikan kepada salah satu warga kami. Termasuk bantuan yang diberikan dari PMI,”katanya kepada depok.go.id, Kamis, (09/02/2017).
Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Depok, Imron Maulana menuturkan, bantuan yang diberikan PMI berupa 23 material atap baja ringan. Adapun jenis bantuan disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh korban bencana alam.
“Kami lihat dulu, kalau sekiranya jumlah korban bencananya banyak, serta membutuhkan bantuan yang mendesak, maka kami akan prioritaskan pemberian bantuan makanan dan kebutuhan pokok dulu,” jelasnya.
 
Selain itu, pemberian bantuan itu merupakan peran aktif PMI untuk membantu masyrakat. Karena sebagai lembaga yang bergerak dibidang kemanusiaan, PMI terus mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam melakukan bantuan dan pelayanan dibidang kesehatan.
 
“Kami juga selalu tanggap dalam penanganan bencana,”ucapnya.
Imron menambahkan, apabila ada warga yang membutuhkan bantuan akibat bencana alam, bisa segera menghubungi ke PMI. “Mekanismenya, silahkan warga menginformasikan kepada kami dulu. Nanti kami akan lakukan survei, kemudian, kami akan melihat kebutuhannya. Setelah itu, baru PMI akan salurkan bantuan,”terangnya.
 
Ia pun berharap, peran serta masyarakat agar lebih peduli korban bencana alam. Dengan demikian, kinerja Pemkot Depok akan semakin mudah, karena keterlibatan dari setiap stakeholder yang ada.
 
“Bantuan dari kami ini hanya sebagian, sisanya biarkan masyarakat yang terlibat langsung. Kami percaya setiap harinya kepedulian masyarakat terhadap sesama semakin meningkat,” tutupnya.
Penulis: Guntur Widyanto
Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita
Diskominfo
Bagikan post melalui :