edit siti nurjanah

Foto Anggota DPRD Kota Depok, Siti Nurjanah

Depok.go.id – Hari Pers Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 9 Februari, memiliki beragam makna bagi setiap orang. Media sebagai pembawa pesan dan penyebar informasi memiliki peran yang sangat penting hingga menjadi pilar keempat demokrasi.

Anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Siti Nurjanah mengatakan, pers merupakan penyambung lidah antara narasumber dengan publik sebagai pembacanya. Karena itu informasi yang disampaikan pers akan dianggap sesuatu yang benar oleh publik.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, bahwa pers harus mampu memilah berita terlebih dahulu, untuk selanjutnya disebarluaskan.

“Dengan iklim demokrasi yang makin terbuka selebar-lebarnya serta banyaknya informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat, maka pers harus bisa cerdas memilah informasi menjadi berita untuk disampaikan,” terangnya.

Siti yang juga sebagai Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Depok itu, melanjutkan, pers harus berperan sebagai bagian penyeimbang dalam memberitakan sesuatu, sehingga tidak terlihat memihak salah satu pihak.

“Ketika berita itu menyangkut seseorang, maka wartawan atau pers harus bisa mengambil narasumber dari beberapa orang sebagai counter part,” tambahnya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada insan pers untuk selalu menjunjung tinggi prinsip originalitas. “Pers jangan sampai mengambil berita dari media lain tanpa seijin pihak yg memiliki, maksudnya hanya copy paste saja begitu,” pesannya.

Siti pun juga berharap kedepannya pers bisa semakin cerdas, agar dapat membantu pembangunan bangsa dan negara. “Harapannya pers bisa menjadi lebih mandiri untuk menaikkan berita dan bisa lebih arif dalam bahasa penyampaian berita nya,” tutupnya.

Penulis: Nur Afifah Putri

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :