Kegiatan lanjutan membersihkan sampah Situ Tipar Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, belum lama ini. (Foto : Istimewa)

depok.go.id-Upaya penanganan sampah sejumlah situ, tetap dilakukan Satgas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok di bulan puasa ini. Komitmen menjaga situ tetap bersih, dilakukan agar inlet dan outlet tidak tersumbat.

“Selain normalisasi situ dengan melakukan pengerukan sedimen pasir yang sudah mengendap, kami juga ada kegiatan pembersihan sampah yang berada di permukaan situ. Untuk kegiatan ini, kami menggunakan alat berat berupa truxor,” ujar  Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, di Balai Kota, Kamis (09/05/2019).

Dikatakannya, sampah yang ada di situ dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran inlet dan outlet yang berdampak pada aliran yang tidak sesuai jalurnya. Sehingga dikhawatirkan bisa menimbulkan luapan air.

“Sampah menjadi sumber utama, tersumbatnya saluran inlet dan outlet yang harusnya mengalir ke kali maupun sebaliknya,” katanya.

Citra mengaku, saat ini penanganan sampah sedang dilakukan di Situ Tipar, Kecamatan Cimanggis. Penanganan serupa juga dilakukan di Situ Rawa Besar, Kecamatan Pancoran Mas dan Situ Pladen, Kecamatan Beji yang kerap jadi sasaran pembuang sampah liar.

“Kami mengimbau warga untuk tidak membuang sampah ke kali maupun situ, karena mengakibatkan tersumbatnya saluran air. Dampaknya, warga bisa kena banjir. Perlu adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :