Kasi Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Depok, Kompol Sunarto, saat memberikan arahan penyalahgunaan narkoba . (Foto : Diskominfo)

depok.go.id –  Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok mengimbau agar orang tua berperan aktif dan ikut serta membatasi pergaulan anak demi mencegahnya dari pengaruh narkoba. Kepedulian orang tua dinilai penting, termasuk dengan secara proaktif melaporkan ke pihak BNN jika sang anak menjadi pengguna narkoba.

“Penggunaan narkoba saat ini tidak hanya pada golongan dan kelompok tertentu. Tetapi, narkoba bisa digunakan siapa saja, termasuk anak di bawah umur. Sehingga pengawasan orang tua sangat dibutuhkan, bahkan berdasarkan Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, orang tua yang mengetahui anaknya menggunakan narkoba wajib melaporkan anaknya untuk diobati,” ujar Kasi Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Depok, Kompol Sunarto, Senin (09/07/18).

Dirinya menjelaskan, jika orang tua tidak mengadukan ke pihak yang berwenang, maka orang tua bisa disanksi karena membiarkan anaknya terlibat narkoba. “Sayangnya masih sangat sedikit yang datang dengan kesadaran ke BNN Kota Depok,” terangnya.

Dirinya menambahkan, masih banyak masyarakat yang beranggapan, jika membawa anak ke BNN merupakan sebuah aib yang harus dihindari. Padahal, dengan membawa anak ke BNN pihaknya dan keluarga akan segera mengobati dengan melakukan rehabilitasi terhadap anak.

“Sebaiknya datang sebelum ditangkap, karena jika datang untuk sembuh lebih baik, ketimbang harus ditangkap terlebih dahulu,” tutupnya.

Penulis: Dian Afrianti Kunto
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :