depok.go.id – Konflik yang seringkali terjadi pada manusia bersumber pada berbagai macam alasan. Beragamnya sumber masalah terkadang sulit untuk dideskripsikan secara jelas dan terperinci. Hal tersebut harus ditangani dan dihadapi dengan baik oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Kota Depok. Pasalnya, terjadinya konflik mampu menimbulkan keributan yang besar.

“Kita harus menyikapi berbagai konflik yang ada dengan sebaik mungkin, jangan sampai permasalahannya menjadi semakin meluas,” tutur Sat Intelkam Polres Kota Depok, AKP Sutarno saat memberikan pemaparan mengenai potensi konflik sosial dan Guantibmas pada Sosialisasi Forum Peningkatan Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kota Depok Tahun 2015 di aula lantai 5, Gedung Balai Kota Depok, Rabu (09/09/2015).

Menurut AKP Sutarno, potensi adanya konflik tersebut didasari oleh berbagai hal. Semua itu di antaranya bersumber dari faktor ekonomi, kesenjangan sosial, minimnya pendidikan, pembangunan yang tidak merata atau tidak menyentuh langsung kepada masyarakat.

Terjadinya konflik, secara tidak langsung masyarakat akan menemui berbagai gangguan, seperti banyaknya jumlah pengamen jalanan, peminta-minta, prostitusi, pornografi, perjudian, peredaran miras, premanisme, bangunan liar, serta ketertiban lalu lintas.

“Seluruh permasalahan itu kini menganggu ketertiban umum dan seringkali menyebabkan tindak kejahatan,” tutup lelaki yang pernah bertugas di Papua tersebut. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :