depok.go.id – Meroketnya harga pakan ikan menjadikan para pembudidaya ikan memutar seribu cara untuk melakukan efisiensi terhadap pakan ikan agar biaya produksi bisa ditekan dan margin keuntungan masih tetap ada. Apalagi untuk para pembudidaya ikan skala kecil. 

Mengatasi masalah ini, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok berjanji akan memberikan fasilitas dengan menggandeng bank-bank ternama untuk membantu para petani ikan dalam hal permodalan. Hal tersebut diutarakan langsung Kepala Distankan Kota Depok, Etty Suryahati saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budi Daya Ikan Hias bagi pembudidaya ikan hias di Gedung Balai Besar Pembenihan Ikan Hias (BBPIH) Kecamatan Pancoran Mas, kemarin (Selasa, 8/9/2015).

“Kami bukan mengajarkan untuk berhutang, semua kembali pada kemampuan bapak-bapak dan ibu-ibu peserta Bimtek. Niat kami hanya ingin membantu mencarikan solusi, jangan sampai keterbatasan modal menjadi alasan untuk berhenti mengembangkan usaha,” ujar mantan Sekretaris Daerah Kota Depok.

Program ini merupakan bentuk dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya Kota Depok. Melalui fasilitas ini, Pemkot berharap para peserta dapat mengembangkan usaha budi daya ikan hias tanpa terbentur dengan modal usaha.

Melalui tema “Mencetak Technoprenur Ikan Hias yang Handal untuk Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN”, kegiatan ini menargetkan output wirausaha ikan hias yang mampu bersaing dalam MEA. Rencananya, pelatihan ini akan dilaksanakan selama 2,5 bulan, mulai tanggal 8 September dan berakhir 15 November 2015. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :