FIK UI saat mengadakan sosialisasi video edukasi bagi kawan-kawan tuli di gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI belum lama ini. (Foto: Jose/Diskominfo).

depok.go.id- Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) mengadakan kegiatan Seminar dan Sosialisasi Video Edukasi Hipertensi dan Diabetes Mellitus untuk penyandang disabilitas tuli. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 90 orang yang tidak bisa mendengar (tuli) dari Depok, Bogor, dan Jakarta.

“Kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat dari FIK UI. Kami melihat video edukasi kesehatan untuk kaum difabel masih sangat jarang. Karena itu, kami mengadakan kegiatan ini,” tutur Ketua Pelaksana kegiatan tersebut, Santhy Farida Rachmi kepada depok.go.id di gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI, belum lama ini.

Dikatakannya, para peserta diberikan edukasi kesehatan dalam pencegahan penyakit yang sering diderita saat ini yaitu hipertensi dan diabetes mellitus yang ditampilkan dalam bentuk video dengan bahasa isyarat. Sebab, ucapnya, kedua penyakit tersebut memiliki angka penderita terbanyak di dunia.

“Dalam video tersebut diperagakan bagaimana cara menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan olahraga yang cukup yang dapat dipahami oleh kawan-kawan tuli,” katanya.

Dirinya berharap melalui kegiatan tersebut, dapat memberikan pemahaman kepada para peserta terkait dengan pencegahan dini penyakit hipertensi dan diabetes mellitus. Selain juga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pihak lain terutama dari pemerintah untuk menayangkan berbagai video edukasi untuk kawan tuli lainnya.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini mampu memperkaya pemahaman teman-teman tuli terkait dengan pencegahan dini penyakit hipertensi dan diabetes mellitus,” tandasnya.

Penulis: Jose Marques
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :