25 Rumah Dapat Bantuan Sarpandas di Lokasi P2WKSS

Wakil Walikota Sedang mengunjungi rumah di lokasi P2WKSS mendapat bantuan pembuatan Sarana Sanitasi Dasar (Sarsandas) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

depok.go.id – Sebanyak 25 rumah di lokasi P2WKSS mendapat bantuan pembuatan Sarana Sanitasi Dasar (Sarsandas) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Mereka merupakan masyarakat RW 07, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Depok.

Sebelum ada septictank tersebut, warga RW 07 membuang sampah limbah rumah tangga, terutama air kotornya ke empang di sekitar rumahnya. Hal itu dilakukan karena masih banyaknya warga yang memiliki ternak ikan lele.

“Dulu memang membuang air kotor kami ke empang yang ada ikan lelenya,” ujar Jaenal, warga RT 01/07, Jumat (9/10/2015).

Menurut Jaenal, masyarakat RW 07, Kelurahan Cipayung yang tergabung dalam program P2WKSS merasa senang pada kepedulian Pemkot Depok yang dalam hal ini melalui Dinkes. Ia berjanji bersama segenap masyarakat akan menjaga dan merawat Sarsandas yang telah dibuat.

“Kami janji mempergunakan septictank yang sudah dibuatkan, dan empang yang sebelumnya dipakai akan kami tutup dengan tanah,” tutur Jaenal.

Sama halnya dengan Jaenal, Ruyatman yang berasal dari RT 02/07 merasa sangat senang karena sekarang dapat menggunakan septictank yang baru. Ia pun mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkot Depok karena sudah membuatkannya septictank.

Alhamdulillah sekarang sudah tidak tercium bau dari empang yang berisi tinja, semua berkat bantuan dari Pemkot Depok,” tandas Ruyatman.

Perlu diketahui efek buruk yang ditimbulkan dari kondisi pembuangan kotoran yang tidak sesuai itu bukan hanya berdampak kepada pribadi yang kurang sadar, tetapi masyarakat sekitar juga akan terkena dampaknya, seperti pencemaran sungai, air bersih, dan pencemaran tanah. Septictank yang yang sudah dibuat merupakan septictank yang kedap air, sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :