depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tahun ini membangun dan merenovasi Ruang Kelas Baru (RKB) di 34 gedung sekolah. Pembangunan sarana dan prasarana pembelajaran tersebut, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, kegiatan ini berbeda dengan rehab dan pembangunan RKB melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Dikatakannya, apabila menggunakan APBD, pembangunan di bawah tanggung jawab dan monitoring  Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok.

“Dari kami hanya mengajukan nama-nama sekolah dan koordinasi terkait perkembangannya,” kata Thamrin di Balai Kota Depok, Rabu (09/10/2019).

Thamrin merinci, dari 34 sekolah di Depok, sebanyak 13 sekolah akan dilakukan renovasi atau rehab. Yaitu 4 unit SD Negeri (SDN) dan 9 Unit SMP Negeri (SMPN). Sedangkan pembangunan RKB, lanjut Thamrin, ada 21 sekolah. Terdiri dari 19 SDN dan 2 SMPN Kota Depok.

“Karena berasal dari APBD, pembangunan harus menunggu proses lelang terlebih dahulu. Jadi, baik rehab maupun RKB tidak bisa dilakukan secara serentak di semua satuan pendidikan,” terangnya.

Namun demikian, sambung Thamrin, beberapa sekolah mulai dilakukan pembangunan. Yaitu SDN Tanah Baru 3, SDN Kalibaru 1, SMPN 10 Kota Depok, dan SMPN 6 Kota Depok.

“Harapannya, semua rencana program pembangunan ini selesai pada Desember 2019. Dengan demikian, bisa mulai dimanfaatkan pada semester kedua tahun depan,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :