video conferencedepok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi Jawa Barat melakukan video conference dengan seluruh Dinkes Kabupaten dan Kota seJawa Barat guna membahas Indikator Kinerja Utama (IKU) selama 2015 ini, dan rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 yang jatuh pada tanggal 12 November mendatang. Kota Depok menjadi salah satu kota yang mengikuti video conference yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinkes Kota Depok, Senin (09/11/15).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinkes Jawa Barat, Alma Lucyati beserta jajarannya yang tersambung oleh puluhan Dinkes kabupaten dan Kota se-Jawa Barat yang telah siap dengan berbagai laporan.

Dalam paparannya, Kepala Dinkes Kota Depok, Noerzamantie Lies melaporkan IKU selama 2015 yaitu terkait Cakupan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sudah mencapai 85,01%, rasio kematian ibu 11 kasus per 30009 kelahiran hidup dan bayi 38 kasus per 30009 kelahiran hidup, rasio 1,2.

“Untuk gizi buruk balita tercatat 77 orang  per tahun, sedangkan persalinan tenaga kesehatan 67%, mudah-mudahan diakhir tahun bisa mencapai target 90%,” ujarnya.

Dia menambahkan, Dinkes Kota Depok sudah mulai melaksanakan rangkaian HKN sejak Oktober kemarin, diantaranya workshop kesehatan wanita dan anak yang telah dilaksanakan dan kegiatan yang baru akan dilaksanakan diantaranya, senam bersama, pemeriksaan gula darah dan papsmear gratis, bekerjasama dengan bpjs, kampanye simpatik kawasan tanpa rokok, festival band tingkat smu, festival film pendek tingkat smu dan gema pemuda laskar kesehatan.

“Puncak kegiatan akan diselenggarakan tanggal 28 November di Lapangan Balaikota dengan kegiatan gebyar Depok bebas asap rokok. Nantinya seluruh pelajar akan deklarasi untuk mewujudkan udara bersih tanpa asap rokok menuju perda kawasan tanpa rokok,” tambah wanita yang kerap disapa Lies.

Sementara itu, dalam penyelenggaraan video conference terkait HKN ini, banyak diapresiasi positif oleh pemerintah daerah dan meminta untuk dilakukan secara rutin sehingga komunikasi berjalan dengan baik dan cepat. (Vidyanita/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :