depok.go.id – Berbagai upaya dilakukan Kelurahan Sawangan Baru demi tercapainya program unggulan Depok sebagai Kota Ketahanan Keluarga. Salah satunya mengedepankan program pemberdayaan masyarakat dengan melatih 40 kader dari Kelompok Kegiatan (Poktan) Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja), serta Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Sekretaris Kelurahan Sawangan Baru, Fajar Mei Hendri mengatakan, pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota dan orangtua dalam membina tumbuh kembang anak. Mereka bisa melihat tumbuh kembang anak secara fisik, motorik kasar dan halus, serta kecerdasan emosional balita, anak, dan remaja.

“Kami mengundang kader Poktan RW 01 hingga RW 05. Mereka dilatih bagaimana mengasuh anak, membimbing keharmonisan keluarga dan lain-lain,” kata Fajar kepada depok.go.id di kantor Kelurahan Sawangan Baru, belum lama ini.

Lebih lanjut, ucapnya, dengan pelatihan seperti ini diharapkan akan lebih mempermudah tugas kader dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan. Selain juga meningkatkan pengetahuan dan wawasan terkait BKB, BKR, BKL, PIK R, dan UPPKS, serta memaksimalkan delapan fungsi keluarga.

“Mudah-mudahan pelatihan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kader,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :