depok.go.id – Sebanyak 2200 pemilih berkumpul di Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas yang merupakan lokasi terpilihnya Kampung Pilkada oleh KPU Depok beberapa waktu lalu. Kampung Pilkada adalah program sekaligus lomba yang digulirkan KPU dengan total hadiah 135 juta, tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara pada pesta rakyat lima tahunan.

Terdapat lima tempat pemungutan suara yang didirikan di lapangan serbaguna RW 3 Kelurahan Depok Jaya. Para pemilih juga dimanjakan dengan fasilitas, seperti panitia menyediakan fasilitas difabel, bazar makanan dan minuman, panggung hiburan, media corat-coret untuk mengkreasikan seni, posko kesehatan, dan doorprize bagi siapa saja yang ikut berpartisipasi dalam Pilkada 2015 ini.

Sekretaris RW 3 Kelurahan Depok Jaya, Soni, mengatakan bahwa lima TPS yang digabung itu adalah TPS 10 sampai 14. Pemilih yang mencoblos di lima TPS tersebut berasal dari 11 RT yang ada di RW 3.

“Sekitar 10 hari lalu, kami mendapatkan surat dari pemerintah mengenai penetapan lokasi ini sebagai Kampung Pilkada. Lalu, selama seminggu warga di sini mengerjakannya secara swadaya,” ujarnya, Rabu (9/12/15).

Salah satu alasan RW 3 ditetapkan sebagai Kampung Pilkada karena memiliki lahan yang luas untuk menampung TPS dan menyelenggarakan beragam acara. Menurutnya, pengalaman pertama kali ini diharapkan menjadi titik awal meningkatkan kebersamaan warga.

“Selama proses pengerjaan, telah disosialisasikan mengenai anjuran tidak Golput kepada kaum muda. Kemudian menjaga ketertiban, terlebih TPS yang digabungkan dalam satu tempat cukup banyak,” ujarnya.

Senada dengan itu, Asisten Tata Praja Kota Depok, Dudi Miraz, yang saat itu memantau jalannya kegiatan mengapresiasi panitia yang dengan swadaya mendirikan Kampung Pilkada, serta berharap akan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS.

“Semoga bisa meningkatkan partisipasi politik di antara TPS lainnya. Saya sudah datang ke tujuh TPS dari pagi, TPS yang berdiri sendiri antusias pemilihnya stabil sedangkan di kampung Pilkada ini luar biasa daya tariknya karena terpusat dan terkonsentrasi,” ungkapnya. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :