IMG_8342(1)

Ketua posyandu Mawar RW 14, Untea Andayani (paling kiri), beserta Lurah Sukatani, Jarkasih (kanan) saat melakukan penyerahan secara simbolis laporan kegiatan posyandu Mawar RW 14 Kelurahan Sukatani dalam lomba posyandu tingkat Kota Depok tahun 2017. (Foto : Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Keberadaan Posyandu Mawar RW 14 Kelurahan Sukatani, tidak hanya sebagai pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Namun, saat ini Posyandu Mawar RW 14 juga berfungsi sebagai sarana untuk mengintegrasikan berbagai kegiatan positif yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Ketua Posyandu Mawar RW 14, Untea Andayani mengatakan, program posyandu terintegrasi ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh Posyandu Mawar RW 14 Kelurahan Sukatani untuk menarik minat masyarakat. Melalui program tersebut, posyandu tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk pemeriksaan kesehatan ibu dan anak saja, namun juga untuk kegiatan lainnya seperti mendongeng, pembinaan bagi remaja serta lansia.

“Dalam posyandu ini kami sediakan pojok dongeng. Kami undang sejumlah pendongeng untuk menarik minat anak-anak agar datang ke posyandu. Selain itu, kami juga berdayakan para lansia yang ada di sekitar posyandu untuk diberikan pelatihan pembuatan kerajinan agar menjadi lansia yang mandiri dan kreatif,” katanya, Jumat (08/12/2017).

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, melalui program posyandu terintegrasi, pihaknya juga bersinergi dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) RW 14 menggelar pelatihan bagi warga sekitar untuk membuat berbagai produk unggulan. Nantinya, setiap produk yang telah dibuat akan dipromosikan dan dijual melalui berbagai kegiatan yang digelar di Kelurahan Sukatani.

“Hal ini tentunya tidak hanya bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang positif. Namun juga bisa menambah pendapatan mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Kelurahan Sukatani, Jarkasih menambahkan pihaknya menyambut baik berbagai progam positif yang dilakukan oleh posyandu Mawar RW 14. Pria yang juga menjabat sebagai Lurah Sukatani tersebut menambahkan, hal ini merupakan inovasi dari posyandu untuk meningkatkan fungsinya agar semakin bermanfaat bagi masyarakat.

“Artinya, saat ini posyandu tidak hanya menjadi tempat bagi ibu dan anak saja. Namun, seluruh lapisan masyarakat termasuk lansia dan remaja juga bisa berkegiatan positif lewat posyandu,” tutupnya.

Penulis : Guntur Widyanto

Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :