Salah satu septic tank yang dibangun oleh Disrumkim Kota Depok. (Foto: Dok. Disrumkim)

depok.go.id-Untuk menjadikan Depok yang bebas kumuh, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok berencana membangun septic tank bagi 1000 kepala keluarga (KK) di tahun 2019. Saat ini, program tersebut sedang dalam tahap sosialisasi dan pembangunannya akan dilakukan pada bulan Maret mendatang.

“Jadi, sebelum pembangunan dilakukan, kita akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat setempat mengenai penggunaan dan perawatan septic tank. Agar septic tank yang dibangun nantinya dapat bertahan lebih lama,” tutur Kepala Bidang Permukiman Disrumkim Kota Depok, Sukanda saat ditemui depok.go.id di ruang kerjanya, Kamis (10/01/19).

Dia menjelaskan, pembangunan septic tank akan difokuskan pada wilayah-wilayah yang dianggap memiliki tingkat pencemaran limbah rumah tangga cukup tinggi. Wilayah-wilayah tersebut tersebar di 11 kecamatan dan 63 kelurahan yang ada di Kota Depok.

“Pembangunan septic tank ini, dimaksudkan agar pemukiman warga bersih dan tak ada lagi warga yang membuang hajatnya di sungai maupun di tempat lainnya, sehingga kebersihan lingkungan dapat terjaga,” ujarnya.

Hingga akhir 2018, jelas Sukanda, pihaknya telah membangun septic tank bagi 1.394 KK. Dengan rincian, tahun 2016 sebanyak 168 KK, tahun 2017 sebanyak 795 KK, dan tahun 2018 sebanyak 434 KK.

“Kita harapkan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah ini, ke depannya dapat mewujudkan Depok sebagai kota yang sehat, nyaman, dan bebas kumuh,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :