ilustrasi-lelang-jabatan

Dalam waktu dekat ini Pemkot Depok akan melaksanakan lelang jabatan untuk posisi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan). Lelang jabatan yang dimaksudkan adalah promosi  jabatan secara terbuka (open promotion) kepada para pegawai yang sudah memenuhi persyaratan yang diwajibkan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Etty Suryahati saat memberikan arahan di hadapan peserta Forum Rencana Kerja (Renja) BKD tahun 2015. Etty mengharapkan pegawai yang masuk kualifikasi untuk kedua posisi itu bisa mengikuti proses lelang.

“Pegawai Depok jangan sampai tergilas oleh pegawai dari luar, semua harus bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sehingga bisa mengikuti lelang jabatan,” ujar Etty yang pernah menjabat Kepala Dinas Perhubungan itu.

Dalam lelang jabatan terdapat ujian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test), sehingga untuk memenangkan lelang jabatan tersebut dibutuhkan kualitas dan kompetensi yang memadai.

Etty mencontohkan, di Kota Makassar saat ini semua jabatan sudah menggunakan proses lelang. Semuanya bersifat terbuka bagi pegawai yang telah memenuhi syarat.

“Kita akan mempersiapkan open bidding ini dengan semua pihak yang terkait, diharapkan pegawai Pemkot Depok meningkatkan kompetensinya baik dilakukan oleh dinas maupun oleh individu itu sendiri,” tambahnya lagi.

Selanjutnya, para pegawai diminta untuk selalu memperluas pengetahuan umum, pengetahuan teknis, dan pengetahuan peningkatan kepribadian. Selain itu, menyiapkan diri dengan disiplin tinggi, dan meningkatkan komunikasi, serta berperilaku baik adalah juga hal yang penting untuk dikerjakan dalam rangka persiapan mengikuti lelang jabatan ini. (Nurul H/Diskominfo)

 

Bagikan post melalui :