fopd damkar

Forum OPD Damkar Tahun 2016 di Pos Satlakar, Sukmajaya Depok, Rabu (10/02/2016). (Foto:Nita/Diskominfo)

depok.go.id – Kebakaran merupakan bencana terbesar kedua setelah banjir, sehingga kasusnya perlu ditangani lebin intens. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok Yayan Arianto menuturkan, pihaknya akan mengusahakan untuk melengkapi alat operasional dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami menargetkan untuk pembelian mobil tangga setinggi 54 meter, jika ditambah pompa dan selang maka dapat menjangkau hingga 150 meter, selain itu juga kami akan menambah SDM agar Satlakar dan masyarakat terus bersinergi,” terang Yayan pada kegiatan forum rencana kerja (Renja) Tahun 2017 di Pos Satlakar, Sukmajaya Depok, Rabu (10/02/2016).

Ia menambahkan, hal ini perlu dilakukan mengingat perkembangan pembangunan gedung-gedung bertingkat di Kota Depok yang begitu cepat. Untuk menjangkau bangunan yang berlantai 30 seperti Saladdin Mansion diperlukan alat khusus. Salah satunya mobil tangga 54 meter.

“Harga alat tersebut bisa mencapai Rp. 25 Milyar. Sedang kita usahakan, mudah-mudahan dapat segera terwujud walaupun dengan APBD yang terbatas,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini Damkar sudah melakukan berbagai penanggulangan kebakaran secara maksimal dengan beberapa tugas pokok seperti, pencegahan kebakaran, penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan harta benda korban. Dengan Renja ini diharapkan nantinya seluruh kegiatan dapat berjalan lebih efisien.

“Kami selalu berupaya jika Depok mengalami kebakaran, disamping itu juga sering dilakukan penyuluhan kepada masyarakat agar banjir tidak terjadi,” jelasnya. (Nita/Ed: Olvi Destiani/Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :