ikan laut bunda sejati

Pemilik UMKM Sambal Ikan Kuat Bunda Sejati, Siti Sujati Nur Farida. (Foto: Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Berbagai inovasi terus dilakukan oleh setiap Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) kuliner yang terdapat di Kota Depok. Selain menyajikan beragam jenis produk yang baru, para pelaku usaha kuliner Depok juga saling berlomba untuk membuat produk yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sambal ikan berprotein tinggi yang diproduksi oleh UMKM Kuat Bunda Sejati.

Pemilik UMKM Kuat Bunda Sejati, Siti Sujati Nur Farida yang terletak di Kecamatan Cipayung mengatakan, pemilihan bahan baku ikan karena memiliki kandungan protein hewani yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

“Awalnya saya menginginkan anak-anak harus makan ikan. Selain bagus untuk kesehatan mereka, protein yang terdapat pada ikan juga bermanfaat bagi orang usia lanjut seperti saya,” ujar Nur kepada depok.go.id, Senin (10/04/2017).

Dikatakannya, saat ini sudah terdapat dua varian sambal yang diproduksinya. Antara lain sambal terasi ikan serta sambal cabai hijau ikan teri. Selain sehat, kedua sambal tersebut juga tidak menggunakan bahan pengawet makanan.

“Saya membuatnya tanpa pengawet, jadi hanya diberi minyak ikan sedikit saja di atas sambalnya. Sehingga sambal produksi saya bisa awet hingga 3 bulan,” jelasnya.

Lebih lanjut, meskipun memiliki kandungan protein yang tinggi. Harga jual satu botol sambal ikan milik Nur terbilang murah. “Untuk ukuran 200 gram sambal terasi dan sambal cabai hijau ikan teri ini saya jual dengan harga 25 ribu rupiah saja,” katanya.

Menurut Nur, saat ingin memulai usaha pembuatan sambal tiga tahun lalu, modal awal yang diperlukan tidaklah besar yaitu sekitar Rp. 400 ribu. Namun, saat ini omzet yang didapatkan oleh Nur perbulannya bisa mencapai Rp. 5 juta.

“Kalau sedang ramai, bisa dapat keuntungan yang lumayan besar. Sebab bisa sampai Rp. 5 juta sebulan. Tetapi, kalau harga cabai sedang naik, biasanya omzet yang didapatkan cenderung menurun,” tuturnya.

Nur juga mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang memberikan berbagai kemudahan untuk berwirausaha. Menurutnya, selain memberikan beragam pelatihan UMKM, Pemkot Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) juga memberikan kemudahan pada saat mengurus perijinan.

“Selain dari internet, saya mempelajari cara pembuatan sambal dan kemasan dengan mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Cipayung. Kemudian saya juga saat ini tergabung di kelompok tani Kecamatan Cipayung. Untuk mengurus perijinan juga mudah. Saya banyak dibantu oleh orang dinas. Setelah saya memperoleh kuota pengurusan, dalam waktu tiga bulan saya sudah mendapatkan perijinan,” jelasnya.

Dirinya berharap, kedepannya pemasaran produk sambal ikan miliknya lebih luas. Sehingga semakin banyak masyarakat yang mengenal dan membeli olahan sambal khas Kecamatan Cipayung tersebut.

“Secara otomatis itu bisa menambah pemasukan bagi saya,” tandasnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :