bersemangat

BERSEMANGAT : Para peserta lomba ketangkasan pembuatan tandu terlihat bersemangat usai mengikuti perlombaan yang diadakan oleh PMI Kota Depok di halaman Aula Teratai Mako Brimob, Jalan Akses UI Kelapa Dua, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Senin (10/04/2017). (Foto : Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Guna mencetak relawan muda terlatih, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok mengadakan perlombaan Palang Merah Remaja (PMR) yang diikuti 15 pelajar ditingkat SMP dan SMA di Kota Depok. Kegiatan tersebut dilakukan di halaman Aula Teratai Mako Brimob, Jalan Akses UI, Kelapa Dua, Kecamatan Cimanggis Kota Depok, Senin (10/04/2017).

Kepala Seksi Pelayanan PMI Kota Depok, Imron Maulana mengatakan, terdapat dua cabang perlombaan yang dipertandingkan. Antara lain pertolongan pertama (PP) dan ketangkasan pembuatan tandu.

“Kalau biasanya seluruh cabang kami perlombakan. Namun, untuk hari ini khusus dua cabang tersebut yang dilombakan,” jelas Imron kepada depok.go.id, disela-sela kegiatan perlombaan PMR.

Dikatakannya, terdapat sejumlah indikator penilaian yang sudah ditentukan sebelumnya. Indikator penilaian tersebut menjadi penentu pemenang dari setiap cabang yang diperlombakan.

“Untuk pembuatan tandu, aspek penilaiannya adalah kekuatan dari tandunya, ketepatan, kerapihan, dan kenyamanan. Sementara untuk lomba pertolongan pertama, akses penilaiannya adalah proteksi individu, penilaian keadaan, penilaian dini, penanganan kasus medis, serta sejumlah indikator lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kota Depok, Mujtaba Iskandar menuturkan, kegiatan perlombaan tersebut dilaksanakan oleh PMI Kota Depok setiap tahun. Untuk tahun ini, sedikitnya ada tiga perlombaan PMR yang dilaksanakan.

“Bulan Maret kemarin, kita sudah mengadakan perlombaan dalam rangka memperingati hari Palang Merah Remaja (PMR), kemudian kedepannya rencana kami akan diadakan perlombaan tingkat SD seluruh Kota Depok pada peringatan hari Bulan Sabit Internasional di bulan Mei mendatang,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan diadakannya berbagai kegiatan perlombaan tersebut dapat menambah anggota dari PMI Kota Depok. Sehingga, pemberian pelayanan kemanusiaan dan tanggap darurat yang dilaksanakan oleh PMI dapat terus berjalan dengan baik.

“Karena setiap tahunnya selalu ada regenerasi relawan. Dari lomba seperti ini, kami pilih yang terbaik, untuk kemudian kami ajak bergabung menjadi relawan,” tandasnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :