donor darah brimob

DONOR DARAH : Sebanyak 150 anggota Brimob ikuti donor darah massal di Aula Teratai Mako Brimob, Kepala Dua, Depok, Senin (10/04/2017). (Foto : Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Sebanyak 150 anggota Korps Brigade Mobil (Brimob) mengikuti kegiatan donor darah massal yang diadakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Teratai Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin (10/04/2017).

Kepala Markas PMI Kota Depok, Mujtaba Iskandar mengatakan, kondisi fisik setiap anggota Brimob yang sangat baik menjadikan salah satu alasan dipilihnya Brimob sebagai pendonor darah. Kemudian, keterbatasan ruangan yang terdapat di Kantor Cabang PMI Kota Depok, menyebabkan pihaknya memutuskan untuk melakukan donor darah langsung di Mako Brimob.

“Kondisi fisik anggota Brimob ini kan cenderung prima semuanya. Dengan jumlah mereka yang banyak, sepertinya tidak memungkinkan kalau datang ke kantor kami. Jadi lebih baik untuk diadakan disini saja,” katanya kepada depok.go.id, Senin (10/04/2017).

Menuturnya, kegiatan donor darah tersebut merupakan upaya antisipatif menjelang datangnya bulan Ramadan. Sebab ketersediaan kantong darah di Kota Depok memasuki Ramadan dan Hari Raya Lebaran cenderung menurun.

“Biasanya kalau bulan Ramadan, jumlah permintaan darah itu tetap stabil. Namun, jumlah orang yang mendonorkan darahnya berkurang. Sehingga persediaan kantong darah yang ada di Kota Depok terus berkurang,” jelasnya.

Dikatakannya, PMI Kota Depok akan tetap melaksanakan kegiatan donor darah di malam hari. Namun, bila hal tersebut masih belum dapat mencukupi jumlah kebutuhan ketersediaan kantong darah yang diperlukan, pihaknya akan berkoordinasi dengan PMI cabang kota lainnya yang berada di Provinsi Jawa Barat.

“Kami selaku PMI cabang kota saling membantu saja. Terkadang kami mengajukan permohonan penyediaan kantong darah ke PMI Kabupaten Cianjur, Tangerang, dan kota lainnya. Begitu pula sebaliknya, ketika mereka memerlukan kantong darah, mereka akan mengajukan ke kami,” tuturnya.

 Mujtaba berharap, agar target penyediaan 500 kantong darah yang diinginkan oleh PMI Kota Depok dapat terpenuhi. Sehingga, ketersediaan kantong darah di Kota Depok tetap aman.

“Kalau bisa mudah-mudahan hari ini target 500 kantong darah itu dapat terpenuhi,” tandasnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :