beri pembekalan

BERI PEMBEKALAN : Sebanyak 27 peserta Depicta 2017 diberikan pembekalan dasar programing di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis pada Sabtu ( 08/04/2017). (Foto: Janet/Diskominfo)

Sebanyak 28 peserta kategori kelompok dan 13 peserta kategori peorangan  Depok ICT Award (Depicta) 2017 mengikuti pelatihan dan pembekalan melalui workshop “Application Mobile” di Wisma Hijau Jalan Mekar Sari Raya No. 15 Cimanggis Depok pada Sabtu (08/04/2017). Dalam worksop tersebut dihadirkan pula narasumber yang memiliki kredibilitas di bidang TIK untuk memberikan materi terkait hasil karya Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).

Panitia Pelaksana Seksi Tata Kelola Bidang Aplikasi dan Informatika, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Diah Triana Sari, mengatakan peserta yang berpartisipasi dalam lomba aplikasi mobile ini berasal dari sekolah SMA/SMK, perguruan tinggi, komunitas, serta masyarakat umum.

“ Kami mewadahi seluruh masyarakat Kota Depok yang ingin berkotribusi terhadap  kemajuan teknologi dan informasi untuk mendukung pelayanan masyarakat di Kota Depok, bukan hanya itu kami sangat mengapresiasi hasil karya yang mereka buat dalam bentuk penghargaan di Depok ICT Award ini, yang merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok “ Ujarnya.

Dalam workshop para peserta akan mengemukakan gagasan aplikasi yang akan diperlombakan, sekaligus  diarahkan  untuk dapat mendukung sistem atau aplikasi yang akan diintegrasikan, sesuai dengan tim Smart City dan Diskominfo Kota Depok.

“Arahan ini dilakukan agar sesuai dengan maksud dan tujuan pelaksanaan perlombaan yaitu Aplikasi Mobile versi Android yang harus bisa bermanfaat untuk pelayanan, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan seluruh masyarakat kota Depok,” paparnya.

Lebih lanjut, Diah, mengemukakan pemberian workshop hanya dilakukan sekali, selanjutnya para peserta akan diberikan waktu untuk mengumpulkan hasil karya nya sampai 30 April 2017, setelah itu akan dilakukan penjurian dan hasilnya akan diumumkan pada saat acara puncak 13 Mei 2017 disalah satu Mall di kota Depok yang insya Allah akan di hadiri Walikota Depok Mohammad Idris, yang akan terus mengawal program Smart City di Kota Depok“ jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pemberi materi yang dihadirkan Topan Bayu Kusuma dari Badr Interactive menambahkan dirinya berusaha menyampaikan pemahaman dasar programing dengan harapan para peserta dapat mengeksplor kreatifitasnya,

“ Walaupun tidak instan saya berharap di era ini banyak bermunculan ide-ide sederhana agar memudahkan kehidupan manusia seperti membantu permasalahan dengan jalan keluar mengenai layanan masyarakat, “ Ungkapnya.

Dirinya menambahkan untuk menjadi seorang programing haruslah sabar dan terus berlatih. Sedangkan untuk ide peserta harus banyak berbicara dengan banyak orang, turun langsung ke masyarakat dengan sudut pandang yang berbeda.

 

Penulis: Janet Swastika

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Bagikan post melalui :