beri arahan

BERI ARAHAN: Ketua Tim Smart City, Prihandoko memberikan arahan terkait lomba Depicta 2017. (Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id- Depok ICT Award (Depicta) 2017 menjadi sarana untuk menciptakan ide brilian dalam kemajuan ilmu teknologi untuk mempermudah warga Kota Depok. Sebab, merujuk pelaksanaan Depicta tahun lalu yang banyak menghasilkan aplikasi bermanfaat bagi Kota Depok. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Tim Smart City, Prihandoko dalam workshop ‘Application Mobile’ di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis, belum lama ini.

“Tahun lalu, para peserta berkolaborasi dan meluncurkan aplikasi telepon seperti aplikasi bank sampah dan aplikasi para peternak yang memiliki ide yang bagus. Sedangkan untuk tahun ini, saya sudah melihat ada beberapa yang idenya sangat mengejutkan ” jelasnya.

Prihandoko mengatakan, setiap aspek kehidupan masyarakat dalam konsep Smart City sudah seharusnya menggunakan aplikasi yang gunanya untuk memudahkan segala urusan, terutama dalam pelayanan pemerintah dan layanan kesehatan.

“Tim Smart City Depok menargetkan peluncuran 1000 aplikasi. Jadi harus memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendapat informasi di Kota Depok. Diantaranya mengenai pelayanan pemerintah, layanan kesehatan, layanan pendidikan tanpa warga harus datang. Semua dapat dengan aplikasi di telepon genggam,” terangnya.

Lebih lanjut, menurutnya, Kota Depok unggul dengan Sumber Daya Manusia. Selain juga Depok banyak dikelilingi oleh universitas yang mempunyai lulusan terbaik dalam bidang teknologi. Karena itu, harus dikembangkan. Untuk itu, peran pemerintah mendidik dan membina lewat ajang seperti Depicta.

“Potensi dalam bidang teknologi di Kota Depok sudah go internasional ada beberapa  anak muda Depok yang memenangkan kejuaraan yang berskala dunia, jadi kalo potensi untuk anak muda di Depok sudah pasti ada,” tuturnya.

Prihandoko yang juga sekaligus juri Depicta 2017 menambahkan, jika peserta memanfaatkan kemajuan teknologi lewat Depicta, maka mempunyai banyak manfaat bagi mereka. Sebab, dapat berguna bagi masyarakat. Selain juga peserta akan mempunyai wawasan yang luas tentang peran berkontribusi untuk negara khususnya Kota Depok.

“Dengan adanya ajang Depicta dapat menguatkan semangat menjadikan Depok Smart City. Langkahnya tidak hanya berhenti pada satu titik akhir, sebab teknologi akan terus berkembang setiap tahun. Untuk tahun ini, kita fokus lebih dahulu pada layanan masyarakat. Sehingga di akhir tahun bisa mewujudkan Depok sebagai Smart City,” tandasnya.

Penulis: Janet/Swastika

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :