Kepala DPAPMK Kota Depok, Eka Bachtiar. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok memberikan pembekalan pada 200 guru Bimbingan Konseling (BK) pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pembekalan ini dinilai penting, karena  guru SMP berhadapan dengan murid yang memasuki usia remaja sehingga harus memahami seputar kesehatan reproduksi, khususnya melalui wadah Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R).

Kepala DPAPMK Kota Depok, Eka Bachtiar menjelaskan, peranan guru BK dalam memberi pengetahuan dan pengertian pada siswanya ini sangat penting. Sehingga guru BK harus bisa membantu menyelesaikan masalah remaja dewasa ini.

“Kami sudah melakukan sosialisasi tahap pertama pada guru SMA dan SMK negeri dan swasta se-Kota Depok, saat ini merupakan sosialisasi tahap kedua yang diperuntukkan bagi 200 guru BK SMP negeri dan swasta,” terang Eka, usai menghadiri Pembinaan dan Pembentukan PIK-R Pendidikan dan Masyarakat di Gedung Dibaleka II lantai 10, Selasa (10/04/2018).

Dirinya menilai, pembentukan tempat berkumpulnya remaja seperti PIK-R di sekolah sangat penting. Di sini remaja bisa berdiskusi secara lepas, jika dibandingkan di rumah atau sekolah karena para remaja biasanya sungkan menyampaikan permasalahannya pada orang tua atau guru.

“Guru BK harus bisa memfasilitasi dan memberikan pendidikan pada teman sebaya di sekolah masing-masing, sehingga nantinya para teman sebaya ini bisa dijadikan teman curhat para remaja yang sedang galau,” tukasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

 

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :