Kegiatan Pemeriksaan Papsmear di Aula Kecamatan Cipayung, Selasa (10/4/18). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id –  Upaya meminimalisir terjadinya kanker pada mulut rahim perempuan, Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Kecamatan Cipayung punya program pemeriksaan papsmear secara jemput bola. Dengan pemeriksaan gratis ini, perempuan usia dewasa bisa mengetahui dirinya terkena kanker atau tidak sebelum mencapai masa stadium.

“Ini merupakan kegiatan turunan yang digagas oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok. Kegiatan ini juga merupakan upaya jemput bola, untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat, pentingnya mencegah penyakit kanker mulut rahim atau serviks,” ujar Ketua PKTP Kecamatan Cipayung, Anis Hera Fatmawati, di Aula Kecamatan Cipayung, Selasa (10/4/18).

Dirinya juga menyebut, kegiatan pemeriksaan papsmear disambut antusias oleh warga Cipayung. Bahkan, data yang sudah masuk melebihi kouta yang ditetapkan YKI Kota Depok.

“Data awal sudah masuk 275 pasien, padahal kuota setiap kecamatan hanya 200 pasien. Saat ini sudah masuk 170 pasien yang registrasi ulang. Kemungkinan jumlahnya terus bertambah,” jelasnya.

Pemeriksaan papsmear tersebut, kata Anis, bekerja sama dengan Kimia Farma dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Cipayung. Kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis, bagi pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Kami juga menganjurkan pasien untuk melakukan pemeriksaan papsmear, minimal satu tahun sekali,” kata Hera.

Camat Cipayung Asep Rahmat menambahkan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk menciptakan Depok yang sehat sesuai program unggulan yang dicanangkan.

“Kami bertugas menggiring masyarakat Cipayung agar peduli terhadap kesehatan mulut rahim dengan melakukan tes papsmear. Mudah-mudahan, kesadaran masyarakat juga ikut meningkat agar nantinya bisa melahirkan anak-anak yang berkualitas,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :