Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyerahkan surat izin angkutan di ruang pelayanan Dishub Kota Depok, Selasa (10/04/2018).

depok.go.id- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok memberikan kemudahan bagi pengusaha angkutan dalam mengurus perizinan. Mereka dapat mengurus surat izin pengusaha angkutan (SIPA) dan kartu pengawasan (KP) hanya dalam waktu 27 menit.

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, percepatan layanan perizinan menjadi 27 menit karena ingin disesuaikan dengan tanggal hari jadi Kota Depok yang jatuh pada 27 April. Sebelumnya, dalam pengurusan SIPA dan KP, pengusaha angkutan membutuhkan waktu sekitar satu jam tetapi kini maksimal dapat selesai 27 menit.

“Kami merespon HUT Kota Depok dan kemudian menetapkan lama pelayanan izin angkutan menjadi 27 menit,” ucapnya, usai launching Dishub Friendly Service (D’Fres), Selasa (10/04/2018).

Dikatakan Dadang, percepatan proses itu dilakukan dengan mengurangi beberapa tahap pengajuan izin. Sebelumnya, dalam mengurus perizinan angkutan dibutuhkan beberapa tanda tangan persetujuan.

“Ada beberapa hal yang kami kurangi, namun tidak menghapus persyaratan pentingnya,” kata Dadang.

Dikatakannya, untuk mengurus perizinan angkutan harus menyiapkan berkas secara lengkap diantaranya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Buku KIR. Jika seluruh persyaratan sudah lengkap, maka pemilik usaha akan lebih cepat memperoleh izin angkutannya.

“Apabila pengusaha angkutan sudah melengkapi semua berkasnya, Insya Allah akan selesai 10 hingga 15 menit, tidak mencapai 27 menit,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, dengan layanan yang diberikan dapat Dishub, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus izin, terlebih bagi pengusaha angkutan. Dengan begitu, Depok sebagai kota bersahabat dapat diwujudkan melalui program Dishub Friendly Service (D’Fres).

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :