Disnaker Kota Depok memberikan sosialisasi Perda Nomor 10 Tahun 2014 kepada perusahaan di Kota Depok, belum lama ini. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok telah mengadakan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2014 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan Perjanjian Kerja Harian Lepas. Sosialisasi dilakukan guna meningkatkan pemahaman pengusaha sehingga mau menjalankan aturan tersebut.

“Beberapa hal yang disampaikan mengenai kewajiban perusahaan di antaranya kapan perusahaan menggunakan jasa pekerja PKWT, kemudian ditingkatkan menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) atau pekerja tetap, serta PHL,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, di Balai Kota, Rabu (10/04/19).

Dikatakannya, saat ini terdapat 673 perusahaan yang terdaftar dan wajib lapor di Kota Depok. Dengan jumlah tersebut, pihaknya berharap eksistensi perusahaan dapat terus bertahan. Untuk itu, kata Manto, perlu adanya kesepemahaman antara perusahaan dan pekerja.

“Semua kita kembalikan lagi ke masing-masing perusahaan dan pekerja. Karena kita lihat kemampuan perusahaan, ada yang eksis dan ada yang tidak, ada yang untung banyak, ada yang pas-pasan. Kita tidak mau perusahan di Depok pindah keluar. Terkait masalah upah, kita kembalikan lagi kepada kesepakatan antara perusahaan dan pekerja,” katanya.

Manto menyebut, Disnaker selalu berupaya memfasilitasi perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan pekerja untuk mencari kesepemahaman. Bahkan, Disnaker juga rutin melakukan rapat koordinasi untuk mengetahui perkembangan dunia usaha.

“Kami ingin hubungan industrial tetap kondusif. Mudah-mudahan sosialisasi ini bisa memberikan pemahaman perusahaan untuk memenuhi hak pekerja,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :