Wali Kota Depok, Mohammad Idris (tengah) saat menyerahkan dokumen kependudukan kepada Lurah Sukamaju Nurhadi (kiri) di Masjid Miftahul Washliyah, Sukamaju, Jumat (11/05/9). (Foto: Asyril/Diskominfo).

depok.go.id-Untuk menyukseskan Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mempercepat target pencetakan e-KTP. Sejumlah kelurahan juga dilibatkan dalam program Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut, termasuk Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, yang telah menerima 651 e-KTP dari Wali Kota Depok Mohammad Idris untuk dibagikan kepada warga.

“Kelurahan Sukamaju mengikuti program GISA yang dicanangkan oleh Kemedagri, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok. Penyerahan 651 e-KTP ini, kami lakukan sebagai upaya percepatan target yang sudah direncanakan,” tutur Mohammad Idris, usai kegiatan Buka Puasa, Salat Tarawih Keliling (Tarling), Ceramah dan Silaturahmi di Masjid Miftahul Washliyah, Kelurahan Sukamaju, Jumat (11/05/2019).

Dikatakan Mohammad Idris, untuk mewujudkan program GISA, terdapat empat komponen yang harus dipenuhi. Di antaranya, sadar terhadap kepemilikan dokumen kependudukan, sadar terhadap pemutakhiran data kependudukan, sadar terhadap pemanfaatan dokumen kependudukan, dan sadar bagi aparatur yang melaksanakan pelayanan.

“Selain e-KTP, kami juga menyerahkan Akta Kelahiran sebanyak 19 lembar, Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 516 keping, dan Akta Kematian 12 lembar,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, selain fokus pada percepatan pencetakan e-KTP, di tahun 2019 pihaknya juga menargetkan kepemilikan KIA di Kota Depok mencapai 50 persen. Sebab, saat ini kepemilikan KIA baru mencapai 30 persen.

“Ini sebagai upaya dalam mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA). Insya Allah, tahun ini bisa mencapai 50 persen,” ucapnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :