depok.go.id – Upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Depok, tahun ini lima Puskesmas di Kota Belimbing ini akan mendapatkan pendampingan dari Badan Pelatihan Kesehatan Cikarang. Kelima Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Beji, Cimanggis, Tapos, Sukmajaya, dan Pancoran Mas. Dalam pendampingan ini, setiap Puskesmas akan mendapatkan sepuluh kali pertemuan.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, dr. Zakiah mengatakan bahwa pendampingan ini lebih menekankan kepada soft skill dari pegawai Puskesmas. Kemampuan soft skill dalam hal ini maksudnya adalah kekompakan dan team work di Puskesmas dalam hal pelayanan dan manajemennya.

“Maksudnya biar semua petugas Puskesmas baik dokter, tenaga kesehatan dan petugas administrasi menjadi satu kesatuan yang dapat memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat,” ujarnya.

Sebagai pusat kesehatan masyarakat, pelayanan prima dan servis maksimal sudah menjadi harga mati yang harus dilakukan oleh petugas Puskesmas. Melalui pendampingan ini, harapannya adalah agar Puskesmas dapat menjadi tempat yang ramah bagi masyarakat, jangan sampai ada kesan kumuh dan dipandang sebelah mata.

“Orang yang ke Puskesmas itu kan rata-rata ingin berobat dan kontrol kehamilan. Pelayanan ramah secara tidak langsung juga memberikan dampak psikologis terhadap pasien,” ujarnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Maulim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :