depok.go.id – Salah satu cara agar pelaku UMKM Kota Depok dapat mengembangkan bisnisnya adalah membekali pengetahuan dengan berbagai pelatihan. Adapun salah satu pelatihan yang baru-baru ini dilakukan UMKM Kota Depok adalah dengan mengadakan pelatihan mengenai cara berjualan online. Dalam pelatihan tersebut peserta akan diajarkan mengenai teknik manajemen pembukuan dan pemasaran produk.

Sekretaris organisasi UMKM Kota Depok, Rahmawati mengatakan bahwa pelatihan ini dilakukan mulai dari hal yang mendasar, seperti pembukuan. Menurutnya, pembukuan dan keuangan yang rapi akan memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan perputaran bisnisnya.

“Makanya setiap bulan kami adakan pelatihan yang bergantung pada programnya. Agar teman-teman di UMKM semakin mandiri karena sudah memiliki bekal untuk maju memasarkan produknya,” ujarnya, Rabu (10/6/2015).

Lebih lanjut Rahmawati mengungkapkan bahwa pada pelatihan berjualan secara online, masih banyak pelaku usaha yang belum mengerti TI. Maka pembelajaran pun dimulai dengan sangat mendasar, mulai dari mengenalkan media online, hingga upload foto produk secara online.

“Peserta juga akan dibekali cara menjaga pola penjualan di online, sehingga bisa memantau sendiri lewat gadget mereka,” urainya.

Rahmawati melanjutkan, UMKM Kota Depok juga kerap mengundang narasumber yang ahli agar pelaku usaha dapat menyerap ilmu dan pengalaman. Hal ini juga sangat penting untuk memotivasi mereka.

“Semakin sering mengikuti pelatihan akan semakin banyak ilmu pengetahuan yang didapat, terlebih mereka sudah memiliki spirit wirausaha,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :