UPS Merdeka 1. (Foto : istimewa)

depok.go.id-Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok akan melakukan perbaikan pada sejumlah sarana milik Unit Pengolahan Sampah (UPS) yang rusak. Salah satunya memperbaiki mesin ayakan sampah, agar pelayanan pengolahan sampah menjadi lebih maksimal.

“Mesin di beberapa UPS Cipayung, kondisinya rusak. Kami akan lakukan pembenahan dalam waktu dekat ini,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan DLHK Kota Depok, Iyay Gumilar, di ruang kerjanya, Senin (10/06/2019).

Menurut informasi yang didapat, kata Iyay, jaring yang terdapat pada mesin ayakan banyak yang berlubang, sehingga tidak bisa menghaluskan sampah organik menjadi pupuk kompos. Perbaikan tersebut, jelas Iyay, melibatkan empat teknisi yang sudah berpengalaman.

“Rencananya jaring diganti dan kita akan melakukan perawatan secara berkala terhadap mesin-mesin yang mangkrak,” katanya.

Diakuinya, saat ini terdapat 31 UPS yang berada di bawah naungan DLHK. Beberapa di antaranya mengalami masalah mesin rusak maupun pemanfaatan UPS yang masih butuh pembenahan.

“Selain di Cipayung, permasalahan juga dialami UPS Limo dan Cinere. Untuk itu, kami akan lakukan evaluasi dan pembenahan,” kata Iyay.

Dirinya berharap, melalui upaya ini DLHK bisa memaksimalkan pengelolaan sampah di UPS yang tersebar di Kota Depok.

“Sebelum kami tambah jumlah UPS-nya, kami harus memastikan UPS yang telah berdiri berjalan dengan baik. Dengan begitu, diharapkan pengelolaan sampah bisa berjalan maksimal,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :