Satgas DPUPR membersihkan gulma dan tumbuhan liar di Situ Bojongsari, Senin (09/07/18). (Foto : Dok. DPUPR)

depok.go.id – Upaya perawatan situ dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok tidak hanya dengan normalisasi saja, namun juga dengan pengangkatan gulma. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan dan merawat keindahan situ.

“Untuk saat ini kami tengah fokus membersihakan gulma atau eceng gondok yang ada di Situ Bojongsari dengan menggunaan alat berat berupa truxor,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, di ruang kerjanya, Selasa (10/07/18).

Dikatakannya, kegiatan yang telah berlangsung sejak akhir Juni tersebut, ditargetkan rampung dalam dua pekan ke depan. Pihaknya mencatat, total gulma yang diangkat seberat tujuh ton setiap harinya.

Selain di Situ Bojongsari, gulma juga kerap menutupi Situ Cilangkap, Situ Cilodong, dan Situ Bojongsari. Namun, untuk pengangkatan gulma, dilakukan sesuai kebutuhan.

“Situ lain juga ada, namun tidak banyak. Untuk itu, kami rutin membersihkan situ dengan target 1,5 bulan setiap situ. Mudah-mudahan upaya ini bisa menjaga kelestarian situ dan ekosistem di dalamnya,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :