jemaah haji depok

Ilustrasi (sumber: google)

depok.go.id – Berbagai aktivitas tentu akan dilakukan para jemaah haji ketika sedang melakukan ibadah haji. Sehingga perlu diperhatikan beberapa hal yang dapat menunjang kesehatan dalam tubuh agar ibadahnya berjalan dengan baik, termasuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Meskipun dihadapkan dengan serangkaian ibadah, jemaah haji harus tetap sehat, dimulai dari diri sendiri melalui perilaku hidup bersih,” tutur Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Depok, Agus Gojali saat ditemui beberapa waktu lalu di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Adapun beberapa perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat dilakukan para jemaah haji antara lain mengonsumsi makanan yang bergizi, mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan, minum air mineral minimal dua liter setiap hari, menggunakan penutup hidung atau masker saat melakukan aktivitas dengan banyak orang, menjaga kebersihan lingkungan, istirahat yang cukup, serta tidak merokok.

Agus menjelaskan, dengan menerapkan PHBS ini, jemaah haji mampu meninimalisir penurunan daya tahan tubuh. Hal tersebut agar selama melakukan ibadah haji di Arab Saudi dapat berjalan dengan khusyuk. Selain itu, dengan menerapkan PHBS juga mampu mengurangi resiko terjangkit virus MERS.

“Kesehatan dan kebugaran tubuh harus tetap seimbang. Pada puncaknya nanti akan melakukan wukuf yang membutuhkan stamina lebih,” tambahnya.

Terakhir, Agus berharap para jemaah haji khususnya yang berasal dari Kota Depok dapat menerapkan PHBS selama berada di tanah suci, sehingga stamina tubuh selama menjalankan ibadah dapat terlindungi. (Indri/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :