tabur bungaBangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Ungkapan tersebut wajib dimiliki bangsa Indonesia yang memiliki banyak pahlawan pejuang kemerdekaan. Usai melakukan upacara peringatan Hari Pahlawan, Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad beserta jajaran mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalimulya, Cilodong, Depok, Senin (10/11/2015). Kedatangannya tersebut untuk menghadiri upacara ziarah sekaligus melakukan tabur bunga di TMP Kalimulya.

Upacara ziarah yang berlangsung khidmat tersebut diikuti oleh anggota Polisi Resort (Polres) Kota Depok, Kodim 0508 Depok, Tentara Nasional Indonesia (TNI), para pejuang terdahulu yang tergabung dalam veteran Depok, serta beberapa perwakilan anggota Pramuka Kota Depok.

Ditengah-tengah upacara berlangsung, Komandan Kodim 0508 Depok Letkol Infanteri Santoso yang dalam hal ini memimpin upacara ziarah meletakkan karangan bunga di depan tugu TMP Kalimulya. Peletakan tersebut sebagai penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Usai upacara ziarah berlangsung, pasangan Nur Mahmudi Ismail bersama peserta upacara berjalan menuju pemakaman. Mereka melakukan tabur bunga di seluruh makam para pejuang kemerdekaan yang ada di lokasi TMP.

“Ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada para pejuang yang dimakamkan disini,” ujar Idris.

Beliau mengatakan bahwa peringatan hari pahlawan ini harus bisa menjadi bahan evaluasi dan renungan bagi masyarakat Indonesia untuk terus memperjuangkan kemerdekaan yang telah diraih oleh para pejuang ini. Khususnya bagi para pemuda yang harus bisa melanjutkan tongkat estafet sebagai generasi penerus dalam membangun bangsa.

“Semua pahlawan yang dimakamkan disini pasti tidak bercita-cita untuk ditempatkan di makam pahlawan. Maka lakukan saya yang terbaik bagi bangsa, karena untuk saat ini menjadi pahlawan sudah tidak melalui peperangan dan angkat senjata,”ujar Idris. (Rysko/Diskominfo)

Bagikan post melalui :