Unik, Puisi Joana Dipuji Dewan Juridepok.go.id – Masing-masing dewan juri memiliki penilaian tersendiri terhadap 163 puisi yang dikirim ke Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok. Dari ratusan puisi tersebut, hanya satu puisi yang menurut dewan juri unik.

Adalah Joana Victorine Harryanto dari SMA PSKD VII yang menggetarkan hati dewan juri melalui hasil karyanya. Puisi berjudul ‘Pahlawan Sejati’ membawa Joana mampu meraih juara 1 lomba cipta puisi yang diadakan Kantor Kesbangpol di Depok Mall, Selasa (10/11/15).

“Satu-satunya puisi terunik ya punya Joana. Dia mengangkat tema mama papanya sebagai pahlawan sejati, itu yang membuat saya merinding dan bahasanya juga sederhana, patut diapresiasi,” ujar salah satu dewan juri, Heti Agustiawati, yang juga merupakan Pengawas SD di Kecamatan Sukmajaya Dinas Pendidikan Kota Depok.

Dia juga menambahkan, kriteria yang ditetapkan pada lomba penulisan puisi kali ini yaitu kesesuaian tema, diksi atau pilihan kata dan orisinalitas.

“Saya berharap kegiatan yang berkaitan dengan karakter bangsa harus diteruskan setiap tahun, karena anak harus dikenalkan dengan seni. Seni mampu mendobrak 60 persen kecerdasan manusia dan memperhalus budi pekerti mereka,” tambah wanita yang mengaku pernah menyabet juara 1 lomba puisi tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2007.

Sementara itu, Joana mengaku terkejut dan tidak menyangka puisi yang hanya ditulisnya dalam waktu lima menit itu mampu meraih juara 1.

“Ini baru pertama kali nulis puisi, ngga kebayang bisa keluar sebagai juara 1,” ujar wanita yang saat ini duduk di kelas XI.

Dia merasa bersyukur dan bangga, puisi yang dipersembahkan untuk orangtuanya mendapat apresiasi dari tim juri dan diterima di kalangan peserta yang mengikuti lomba. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :