depok.go.id – Ruang Terbuka Hijau (RTH) sangat dibutuhkan masyarakat guna berbagai hal untuk menunjang kehidupannya. Pemerintah Kota Depok terus berupaya dengan menyediakan beberapa lokasi yang dijadikan RTH dan kemudian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

RTH merupakan area memanjang atau jalur mengelompok yang penggunaannya lebih bersifat terbuka dan tempat tumbuh tanaman baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja ditanam.

“Kami terus berusaha mengembangkan RTH, karena sangat penting dan harus terus ditingkatkan untuk kehidupan masyarakat saat ini dan masa yang akan datang,” tutur Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Belimbing ini menambahkan bahwa proporsi untuk RTH di sebuah perkotaan harus 30 persen dari luas keseluruhan. Hal tersebut harus direalisasikan karena merupakan ukuran minimal untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota, baik keseimbangan mikroklimat maupun sistem ekologis lain yang dapat meningkatkan ketersediaan udara bersih yang diperlukan masyarakat dan sekaligus dapat meningkatkan nilai estetika kota.

Depok sendiri saat ini telah memiliki beberapa RTH yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Depok. Adapun RTH tersebut di antaranya Kebun Belimbing Cimanggis, Taman Bunga Wiladatika Jambore Cibubur, Taman Jatijajar Cimanggis, Studio Alam TVRI Sukmajaya, Taman Merdeka Sukmajaya, Taman Lingkat UI, Kantor Walikota Depok, Masjid Kubah Mas Meruyung Raya, Taman Hutan Raya Pancoran Mas, Lembah Gurame Pancoran Mas, Agrowisata Kebun Belimbing Sawangan, dan SMA 10 Bojongsari serta SMA 8 Cilodong Depok.

Alhamdulillah kami sudah memiliki beberapa kawasan baik milik pribadi atau pemerintah yang sudah termasuk RTH. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan dan kemudian menjaganya dengan baik,” tutup mantan Menteri Kehutanan di Era Abdurrahman Wahid tersebut seraya berharap. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :