Ahli Gizi Rita Ramayulis

Ahli Gizi Rita Ramayulis, saat menjadi narasumber pada Sosialisasi Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri dan Guru UKS se-Kota Depok di aula lantai 1 Balai Kota Depok, Kamis (07/12/2017). (Foto: Bima/Diskominfo)

depok.go.id- Upaya menciptakan generasi masa depan yang berkualitas tak terlepas dari peran lingkungan sekitar. Salah satunya peran guru sebagai pendidik anak di sekolah.

Ahli Gizi, Rita Ramayulis mengatakan, guru memiliki peran untuk merancang suatu program dalam perubahan perilaku makan para siswa. Upaya pemenuhan nutrisi pada anak harus mendapat dukungan dari guru dan lingkungan sekolah. Hal tersebut agar dapat merangsang siswa untuk mengonsumsi makanan yang bergizi.

“Bagaimana menerapkan makanan yang bernutrisi bagi anak dapat melalui keberadaan usaha kesehatan sekolah (UKS) dan kantin,” tuturnya saat ditemui usai menjadi narasumber pada  Sosialisasi Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri dan Guru UKS se-Kota Depok, belum lama ini.

Selain itu, tambah Rita, pihak sekolah dapat mengkolaborasikan informasi mengenai pemenuhan nutrisi tersebut dalam kurikulum olahraga dan tata boga untuk mengolah sayuran dan buah. Pihak sekolah juga dapat mengedukasi lewat pojok sekolah mengenai komposisi kandungan gizi makanan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, May Haryanti menuturkan, pihaknya sudah melakukan pendekatan ke sekolah melalui UKS, kantin sehat terkait pemenuhan gizi tersebut. Tak lupa, Dinkes meminta guru untuk menyampaikan ke siswa dan orangtua terkait pemenuhan nutrisi bagi anak.

“Kami sudah koordinasikan ke sekolah-sekolah dan guru karena mereka kepanjangan tangan kami dalam memberikan edukasi. Semoga dengan usaha ini dapat mengubah pola pikir siswa untuk mulai mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan bernutrisi,” tutup May.

Penulis: Indri Purnama

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :