kpl puskesmas cipayung

Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Cipayung, Nur Afiyah. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Untuk menjawab kebutuhan pasien akan pelayanan medis dan psikologis Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Cipayung kini telah dilengkapi dengan ruangan konseling. Ruangan ini khusus melayani konsultasi ibu hamil, pasien Tuberculosis (TBC) dan pasien yang berisiko tinggi.

“Ini merupakan ruangan khusus untuk melayani ibu hamil, pasien TBC serta pasien yang berisiko tinggi. Selain itu, kami juga melayani konsultasi terkait masalah Infeksi Menular Seksual (IMS),” ujar Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Cipayung, Nur Afiyah, Minggu (10/12/17).

Untuk pelayanan ini, lanjutnya, baru terdapat di enam Puskesmas antara lain Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Beji, Puskesmas Cipayung dan Puskesmas Cinere.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menyediakan pelayanan tes Voluntary Counseling and Testing (VCT). VCT merupakan layanan konseling dan tes HIV secara sukarela yang bersifat konfidensial dan secara lebih dini membantu pasien untuk mengetahui status HIV. Cara yang dilakukan pada tes ini yaitu dengan mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sampel darah seseorang.

“Khusus untuk pelayanan VCT, kami hanya buka hari Senin dan Kamis. Agar dokter lebih fokus menangani serta mengevaluasi hasil pemeriksaan. Tapi kalau untuk pelayanan di luar VCT, kita buka dari Senin sampai Jumat,” jelasnya.

Jika pasien malu untuk konsultasi ke ruang khusus tersebut, pihaknya juga menawarkan jasa kunjungan ke rumah. Hal ini dilakukan untuk menekan dan mengupayakan penyembuhan bagi pasien yang mengidap HIV.

“Kalau mereka (pasien), malu untuk berobat ke Puskesmas, kita bisa datang ke rumah yang bersangkutan. Tinggal pihak keluarga saja yang mengajukan permohonan ke UPT Puskesmas Cipayung yang beralamatkan di Jalan Jembatan Serong RT 01/04,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita/ Diskominfo

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :