Wali Kota Depok menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba kinerja dan inovasi kelurahan Tahun 2018 saat apel, di Lapangan Balaikota, Senin (03/12/18). (Foto : Jose/Diskominfo)

depok.go.id-Program Dana Sosial Kelurahan (DSK) yang telah berjalan selama setahun terakhir di Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan
Cipayung, efektif membantu kesulitan masyarakat prasejahtera. Dengan sistem iuran, DSK bisa dimanfaatkan untuk rehab rumah yang rusak karena bencana atau pun pengobatan warga pasien gangguan mental.

“Mereka yang kami bantu adalah masyarakat prasejahtera yang berada di lingungan kami. Misal, ada kejadian atap rumah roboh. Warga yang sakit, namun tidak memiliki asuransi serta bantuan pengobatan untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ),” ujar Lurah Boponter, Suryana Yusup, di Balai Kota, Senin (10/12/18).

Dikatakannya, untuk teknis pengumpulan iuran dilakukan pada masing-masing RW dengan nilai Rp 50 ribu per kepala keluarga (KK). Sedangkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kelurahan Boponter dikenakan iuran sebesar 2,5 persen dari gaji.

“Kami memiliki 91 RT dan 13 RW, sedangkan staf kelurahan ada  enam orang. Tidak hanya iuran dari mereka saja, tetapi kami juga mengimbau pengusaha material di lingkungan Boponter untuk menyumbangkan satu sak semen dan pangkalan pasir menyumbangkan dua kubik pasir setiap bulannya. Alhamdulillah, ini terus berjalan,” katanya.

Dia mencatat, sampai saat ini sudah lima rumah rusak yang diperbaiki. Selain itu, terdapat tujuh warga sakit dan satu ODGJ terbantu dengan program DSK tersebut.

Sementara itu, salah seorang warga RT 06/RW 01 Kelurahan Boponter, Syahrul mengaku, sangat terbantu dengan adanya DSK ini. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, khususnya Kelurahan Boponter yang peduli terhadap masyarakat kecil.

“Saya merupakan pasien TB tulang yang dibawa pihak Kelurahan Boponter ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, dengan bantuan DSK. Saat ini masih rawat jalan. Kami sangat bersyukur dan mudah-mudahan DSK terus berjalan untuk membantu masyarakat kecil seperti kami,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :