Kepala Puskesmas Cipayung (tengah) saat melakukan pemantauan jentik nyamuk di wilayah Cipayung, belum lama ini. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Kepala Puskesmas Cipayung Kurnia Permitasari mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Ajakan ini disampaikan, mengingat sekarang sudah masuk musim hujan sehingga rawan dengan Demam Berdaran Dengue (DBD).

“Kami sudah turun lapangan untuk melakukan pemeriksaan jentik atau pun kebersihan di lingkungan. Kami juga tanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujar Mita, panggilan akrabnya, di ruang kerjanya, Jumat (11/01/19).

Untuk mencegah kasus DBD, pihaknya mengaku telah memberikan penyuluhan serta bubuk abate secara cuma-cuma kepada warga di lingkungan Cipayung. Dalam memantau pencegahan DBD, dirinya juga dibantu kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) yang intens memberikan laporan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumah masing-masing. Dengan cara melihat air didispenser, belakang kulkas, mengecek bak mandi, serta menyingkirkan tumpukan barang-barang yang sudah tidak terpakai,” ucapnya.

Tak lupa, Mita juga berpesan kepada warga agar tidak menggantung baju di dalam rumah, karena bisa memicu terbentuknya sarang nyamuk. Selain itu, masyarakat diminta untuk memperhatikan sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah.

“Untuk jendela minimal ada kawat nyamuknya, untuk meminimalisir nyamuk dari luar masuk ke dalam rumah. Diusahakan juga agar cahaya matahari bisa masuk, dan melakukan operasi bersih seminggu sekali,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :