Satgas DPUPR Kota Depok. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Tingginya risiko pekerjaan dari Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, membuat DPUPR merasa perlu mengadakan peningkatan kapasitas Satgas. Rencananya, sebanyak 130 Satgas Sumber Daya Air (SDA) akan dilatih materi rescue terkait penanganan longsor dan banjir.

“Sebagai bentuk penyegaran dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), akhir bulan ini rencananya kami akan mengikutsertakan Satgas SDA dalam kegiatan bimbingan teknis (bimtek) di Puncak Bogor,” ujar Kepala Bidang SDA DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, di ruang kerjanya, Jumat (11/01/19).

Dikatakannya, nantinya pihaknya akan mendatangkan narasumber yang sudah mumpuni di bidangnya, seperti dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk memberikan materi seputar penanganan kebencanaan.

“Tidak bisa dimungkiri pekerjaan Satgas itu selalu berhubungan dengan bencana, baik longsor maupun banjir. Jadi perlu kiranya kami berikan materi pendalaman, agar semua Satgas bisa mengambil tindakan tepat ketika menangani bencana tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang Satgas SDA Rahmat Syarifudin, menyambut baik rencana kegiatan tersebut. Menurutnya, bimtek dapat meningkatkan kapasitas dan pengetahuan yang selama ini tidak didapatkan di lapangan.

“Kegiatan ini beberapa kali pernah dilakukan DPUPR dan materi yang disampaikan selalu berbeda, jadi kami bisa dapat ilmu lebih. Apalagi narsumnya dari BNPB. Mudah-mudahanan sepulang dari kegiatan bimtek nanti, ada ilmu yang bisa diaplikasikan dalam pekerjaan sehari-hari,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :