rakornas SBY2 newsWalikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pemilu DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2014 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre, Selasa (11/2/2014). Dalam acara yang dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, hadir juga Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Panglima TNI, Panglima POLRI, Para Pimpinan Daerah se-Indonesia, Jajaran Eselon 1 Kementrian Dalam Negeri, Unsrur TNI dan Polri, Kabinda, babinda, Danrem, dandim, Kabangpol, Kesbangpol, Bawaslu, Panwaslu, serta Ketua KPU dari seluruh Indonesia.

rakornas SBY1Dalam kesempatan tersebut, Presiden SBY menyampaikan 13 arahan terkait Pemilu yang diharapkan bisa berlangsung secara damai, aman, adil, dan sukses. Adapun ke-13 poin arahan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Ajakan kepada semua pihak untuk menyukseskan pemilu. SBY menyebutkan, dunia telah mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan pemilu termasuk pilpres secara langsung pada 2004 dan 2009, karena itu diharapkan pada 2014 ini berlangsung juga pemilu yang aman dan damai.
  2. SBY meminta kepada semua pihak untuk mempertahankan segala hal yang sudah terlaksana dengan baik di Pemilu 2004 dan 2009, sedangkan yang belum baik perlu disempurnakan.
  3. SBY mengajak semua masyarakat untuk menaati dan berpedoman pada aturan pemilu seperti UUD 1945, UU Pemilu ataupun aturan yang dikeluarkan oleh penyelenggara pemilu.
  4. SBY meminta supaya semua penyelenggara, peserta pemilu, aparat keamanan terutama TNI dan Polri agar memahami kewenangan, kewajiban dan tanggungjawab tugas masing-masing.  Supaya saat ada aduan dan usulan, masyarakat tidak salah alamat. Karena seringkali terjadi protes dialamatkan ke presiden, padahal bukan tugas dan tanggungjawab presiden.
  5. SBY meminta semua peserta pemilu untuk mencegah pelanggaran dan penyimpangan pemilu termasuk intimidasi dan pemaksaan. Para pengawas dan penegak hukum diminta aktif untuk mencegah pelanggaran. Sanksi harus diberikan secara tegas dan adil bagi yang melakukan kesalahan
  6. SBY meminta agar semua pihak turut serta mencegah kekerasan dan benturan massa kontestan pemilu. Pimpinan politik dan elite politik, juga diminta untuk menjaga keamanan pemilu, mencegah pernyataan dan tindakan yang bersifat provokatif.
  7. SBY meminta akuntabilitas dan transparansi pada tingkat penyelenggara pemilu, jajaran pemerintah, dan jajaran penegak hukum dan aparat. Dalam setiap pemilu, kata dia, suhu politik pasti meningkat.
  8. SBY meminta jika ada protes dan aduan, diharapkan bisa dilakukan dengan tertib dan damai sesuai UU untuk mencegah kekerasan apalagi destruktif dan anarkis, pembakaran, perusakan bangunan. Jangan coreng dan kotori demokrasi kita yang makin matang ini. Jika 2004 dan 2009 kita bisa, maka 2014 harus bisa
  9. SBY berharap media massa dalam menulis pemberitaan, harus akurat, konstruktif, adil dan berimbang, karena pada hakekatnya media massa milik publik, bukan hanya milik kalangan tertentu saja.
  10. SBY juga meminta agar pemerintah, menteri, gubernur dan Walikota, tetap menjalankan tugas pemerintahan. Meskipun, mereka juga harus melakukan tugas politiknya menjelang pemilu.
  11. SBY berpesan kepada TNI dan Polri untuk netral dan tidak berpihak seperti tahun lalu.
  12. SBY meminta kepada jajaran pemerintah baik pusat dan derah membantu para penyelenggara pemilu untuk memberikan bantuan demi kelancaran logistik pemilu.
  13. SBY meminta supaya anggaran pemilu digunakan dengan sebaik-baiknya, dan memastikan tidak terjadi penyimpangan dengan menjaga akuntabilitas dan tanggung jawab.

Dalam akhir sambutannya, seraya memohon bimbingan dan petunjuk Allah Swt, SBY berharap Pemilu yang akan berlangsung pada 2014 ini bisa berjalan damai, tertib, lancar, adil, dan demokratis. (Rita/Diskominfo)

Bagikan post melalui :