piala-adipura-_130613105109-825Kota Depok kembali melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan guna meraih kembali Penghargaan Adipura. Sebelumnya, setelah menanti selama 14 tahun, akhirnya Depok berhasil meraih Piagam Adipura pada Juni 2013 lalu di Hotel Bidakarya Jakarta.

Saat itu ada 148 kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan dengan pengelolaan kebersihan terbaik dari kabupaten/kota se-Indonesia yang dinilai oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Kota Depok termasuk salah satu dari kota yang memperoleh penghargaan tersebut.

Kini pihak Pemkot Depok akan mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk bersama-sama dalam melakukan perbaikan dibeberapa wilayah yang belum memenuhi kriteria. Selain itu masyarakat dihimbau agar memperhatikan pengelolaan sampah agar lingkungan selalu terlihat bersih.

Program Adipura sendiri sudah dilaksanakan sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Kriteria Adipura ini terdiri dari dua indikator yaitu indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota dan indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik) yang meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap. (Diskominfo/Indri)

Bagikan post melalui :