wali1

Sesuai arahan Presiden SBY dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pemilu DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2014 di Jakarta Convention Centre, Selasa (11/2/2014), Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il menyatakan kesiapannya untuk membantu menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2014 supaya berlangsung damai, aman, lancar, dan demokratis.

“Kami dari pemerintah daerah, sesuai ajakan dan arahan dari Bapak Presiden, tentunya akan ikut menyukseskan Pemilu 2014 dengan cara mendukung masalah keamanan, melancarkan koordinasi antara penyelenggara dan pengawas Pemilu, termasuk tidak lupa dengan membantu kebutuhan logistik.” Kata Nur Mahmudi sesaat setelah menghadiri acara tersebut.

Nur menyebutkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan memberikan dukungan dan tidak akan menghambat kesuksesan dalam penyelenggaraan Pemilu 2014 mendatang. Hal ini dibuktikan dengan gencarnya upaya pemerintah dalam menyosialisasikan Pemilu kepada masyarakat melalui kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Depok.

“Saat ini, kami dari Kesbangpol sudah menyelenggarakan beberapa sosialisasi dengan masyarakat dan pemilih pemula tentang Pemilu supaya bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu tahun ini. Kita berharap partisipasi pemilih bisa mencapai minimal 70% sesuai dengan arahan dari Mendagri. Selain sosialisasi, hingga akhir 2013 kemarin, kami juga sudah melakukan sosialisasi dengan memasang banner-banner tentang Pemilu.” Tutur Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Syafrizal.

Ke depannya, Syafrizal menyebutkan bahwa pihaknya akan terus melakukan sosialisasi baik melalui media cetak dan elektronik seperti radio. Selain itu, Kesbangpol juga akan melakukan sosialisasi Pemilu kepada masyarakat yang berkebutuhan khusus serta menyelenggarakan pertemuan dengan berbagai unsur seperti muspida, pimpinan parpol, KPU, Panwaslu, dan masyarakat demi meningkatkan partisipasi pemilih dan mengurangi angka golongan putih (golput). Untuk menjaga terciptanya keamanan selama Pemilu, Kesbangpol juga sudah melakukan koordinasi dengan Polres, Kodim, dan BIN baik melalui komunitas intelejen daerah maupun dalam rapat keamanan dalam negeri, serta membentuk tim kendali keamanan terpadu dan pemilu yang nantinya akan piket utk memantau situasi dan kondisi Kota Depok. (Rita/Diskominfo)

Bagikan post melalui :