lenongMaraknya budaya barat yang masuk ke Indonesia tak menghalangi para anggota Lenong Cahaya Subur untuk terus melestarikan budaya khas Betawi  hingga dikenal sampai ke mancanegara. Hal ini terlihat saat berlangsung acara arisan istri-istri menteri kabinet Presiden Gus Dur pada Senin (10/02/14) kemarin di lantai 5 Balaikota Depok.

Acara yang menampilkan “lenong ODNR” itu dihadiri Walikota Nur Mahmudi Isma’il. Dalam lakon ceritanya, para pemain mementaskan cerita tentang satu hari tanpa nasi yang lebih dikenal dengan ODNR. Lenong ini berdurasi 45 menit dengan dua segmen dan dimainkan oleh 15 orang pemain termasuk pemusik.

Lenong ini diapresiasi oleh Walikota Depok. Beliau mengatakan umbi-umbian jauh lebih baik dari pada nasi karena karbohidrat yang terkandung didalamnya lebih sedikit dibanding nasi.

Budi selaku sutradara dari lenong ODNR ini mengatakan dirinya belajar otodidak. “Sebenernya alur ceritanya ngga sulit, kita cuma bikin asal ceplos nanti kita sendiri juga yang manjanginnya,” tutur sutradara tersebut. Harapannya adalah agar seni budaya Betawi dapat terus dilestarikan sampai ke anak cucu serta mengharapkan partisipasi pemerintah untuk ikut andil dalam pementasan selanjutnya. (Nita/Diskominfo)

Bagikan post melalui :