brosur-katarak-2016Depok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok kembali akan menggelar pelayanan kesehatan gratis berupa operasi katarak yang rencananya dipusatkan di Puskesmas Cimanggis.

“Kegiatan operasi katarak ini bagian dari renstra Dinkes 2011-2016,” ucap Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Kota Depok, Zakiah, Kamis (11/02/2016).

Dalam operasi katarak gratis ini ditargetkan akan melayani sebanyak 140 pasien. Lebih lanjut dengan adanya pelayanan kesehatan operasi katarak gratis, masyarakat Depok dapat memanfaatkan momentum yang sudah dilaksanakan Dinkes sejak tahun 2008.

“Kami melakukan penjaringan di masyarakat melalui puskesmas, klinik swasta dan kader yang terdiagnosa katarak, kemudian kami rujuk ke Puskesmas Cimanggis tempat dimana kita melakukan operasi Katarak,” jelasnya.

Setelah di Puskesmas Cimanggis, sambung Zakiah, pasien akan di screening lagi oleh Spesialis Mata. Jika kondisi bagus, tensi , kadar gula darah dan murni katarak, maka direncanakan operasi pada Minggu depannya. Jika ada penyulit, maka pasien akan dirujuk ke RSUD. Dikatakan oleh Zakiah, untuk screening mata rencananya akan dilakukan pada tanggal 4 Maret 2016 oleh dokter spesialis mata.

Untuk persyaratan operasi yaitu foto copy KTP dan KK Kota Depok yang masih berlaku sebanyak dua lembar, penderita katarak adalah warga tidak mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan setempat (SKTM) khusus katarak. Selain itu harus disertakan surat rujukan dari puskesmas setempat sebanyak dua lembar dan menandatangani surat persetujuan operasi yang telah disediakan,

“Serta yang tak kalah pentingnya peserta operasi katarak gratis ini harus dinyatakan siap untuk operasi oleh dokter spesialis mata pada hari pelaksanaan operasi,” tutupnya. (Nurul Hasanah/Ed: Yulia – Diskominfo)

Bagikan post melalui :